Bebas Tugas

Bebas Tugas

Bebas Tugas

Oleh : Ust Harry Santosa

Beberapa teman menjelang pensiun atau baru pensiun tiba tiba dikabarkan meninggal mendadak. Memang usia di tangan Allah atau kita bisa mengatakan "sudah umur" nya, namun sebuah riset terhadap para pensiun menyatakan bahwa makin cepat pensiun makin panjang umur.

Usut punya usut ternyata kesimpulannya bukan itu, tetapi banyak orang bekerja bukan karena panggilan hidupnya atau pangilan jiwanya. Mereka yang bekerja karena panggilan jiwa atau sesuai fitrahnya, jelas lebih tenang dan bahagia, karena setiap kita sudah memiliki tugas langitnya atau panggilan jiwanya masing masing yang apabila dijalani maka jiwanya akan tenang dan damai.

Lalu mengapa yang pensiunnya lebih lama, lebih cepat wafat? Bisa jadi mereka yang "terlalu setia" itu selama menjalani pekerjaannya hanya sekedar mencari uang atau mengumpulkan harta, atau mengejar jabatan bukan karena panggilan jiwanya, mereka banyak menderita, menyimpan beban jiwa karena melawan fitrahnya dan takdir peran atas fitrahnya itu.

Jadi mereka yang cepat pensiun, mengapa lebih panjang usianya, bisa jadi karena apabila mereka selama bekerja belum menemukan panggilan hidupnya, maka ketika lebih cepat pensiun, mereka akan punya waktu lebih banyak untuk merenung, menggali dan menemukan panggilan hidupnya lalu menjalaninya dengan bahagia dan jiwa yang damai, yang tentu berpengaruh pada kesehatan dan usianya.

Di sisi lain banyak orang merasa tugasnya di dunia adalah bekerja mencari uang di perusahaan atau di lembaga, lalu ketika pensiun atau ketika tugasnya selesai dari bekerja, ia merasa sudah "bebas tugas" lalu semua sel dalam tubuhnya bercerita pada ruhnya bahwa sudah selesai tugasnya di dunia dan silahkan kembali ke alam baka. Maka, maaf, matilah dia.

Panggilan hidup atau misi hidup adalah alasan kehadiran kita di dunia, inilah tugas langit selama kita di dunia, maka apabila kita merasa sudah "bebas dari tugas" maka kita tak punya lagi alasan untuk hadir di dunia, maka "ia akan menghilang segera dari dunia".

Sesungguhnya, pekerjaan apapun di dunia yang dilakukan sebagai panggilan jiwa adalah tugas langit tiap manusia yang tak kenal pensiun sampai Allah bebaskan berupa ajal kematian. Jadi jangan pernah mengatakan bebas tugas apabila anda pensiun. Jadikan pensiun sbg momen menemukan tugas langit atau panggilan hidup yang hakiki.